jenis-jenis polip colon

Polip Colon Mungkin atau mungkin tidak Tingkatkan Risiko Kanker, Tergantung pada Jenis Ada banyak jenis polip usus besar, yang dapat berbagai bentuk dan ukuran. Ini membantu untuk belajar tentang berbagai jenis polip usus besar sehingga Anda tahu apakah mereka meningkatkan risiko kanker usus besar. Anda dapat bekerja dengan dokter Anda untuk mengembangkan rencana perawatan yang tepat jika Anda didiagnosis dengan polip usus besar.

Apakah Polip Colon?  Pantangan Penyakit Polip Hidung
"Polip" adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan pertumbuhan jinak (bukan kanker) pada lapisan, atau di dalam, membran mukosa.

Ini termasuk membran mukosa yang ditemukan di saluran pencernaan, termasuk usus dan saluran hidung. daerah lain dengan membran mukosa, seperti mulut, rahim, kandung kemih dan area genital dapat mengembangkan polip juga.

Kemungkinan memiliki polip meningkat dengan usia. Sekitar setengah dari orang di atas usia 60 memiliki setidaknya satu polip dan sering lebih.

Obat Polip Hidung Resep Dokter Polip dianggap prakanker, yang berarti bahwa mereka tidak kanker, tetapi jika tidak diobati, mereka dapat berkembang menjadi kanker. Untungnya, polip usus biasanya ditemukan selama tes skrining kanker usus besar rutin, seperti kolonoskopi atau sigmoidoskopi fleksibel . Saat ditemukan, pertumbuhan ini dapat dihapus, yang mengurangi kemungkinan nantinya mengembangkan kanker usus besar.

Bentuk Polip Colon
Dari segi bentuk, polip usus besar datang dalam dua varietas dasar: bertangkai dan sessile. polip bertangkai adalah jamur-seperti pertumbuhan jaringan yang melekat pada permukaan selaput lendir oleh panjang, tangkai tipis, atau gagang bunga.

polip sessile duduk tepat di permukaan selaput lendir. Mereka tidak memiliki tangkai. polip sessile yang datar.

Jenis Polip Colon
Empat jenis yang paling umum dari polip usus besar inflamasi, adenomatosa (adenoma), hiperplastik dan vili (tubulovillous) adenoma. Selain ini, dua jenis polip kurang umum termasuk limfoid, yang dianggap langka dan jinak (bukan kanker) dan remaja .

Juvenile mengacu pada jenis polip, tidak usia di mana polip pertama berkembang.

inflamasi

Polip usus inflamasi ditemukan paling sering pada orang dengan  penyakit inflamasi usus (IBD) , seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa . Polip inflamasi dapat disebut sebagai "pseudopolyps," yang berarti polip palsu. Hal ini karena ini bukan polip benar, tetapi lebih merupakan reaksi terhadap peradangan kronis di usus besar. Polip inflamasi yang jinak dan umumnya tidak berisiko berkembang menjadi kanker usus besar.

adenomatous

Polip adenomatosa, atau adenoma, adalah jenis yang paling umum dari polip dan membuat sekitar 70 persen dari polip ditemukan di usus besar. Adenoma dapat berkembang menjadi kanker usus besar , tapi untungnya, proses ini biasanya memakan waktu bertahun-tahun. Ini berarti bahwa dengan rutin skrining kanker usus besar , polip ini dapat ditemukan dan dihapus sebelum mereka berkembang menjadi kanker usus besar.

Penelitian yang lebih baru telah menemukan bahwa sessile, atau flat, jenis polip mungkin lebih umum daripada yang diyakini dan mungkin lebih sulit untuk mendeteksi pada screening .


Meskipun demikian, skrining kanker usus secara drastis dapat mengurangi Anda risiko kanker usus besar . Jangan membuat kesalahan dengan menganggap bahwa jika Anda didiagnosis dengan polip sessile, Anda tidak perlu repot-repot dengan tindak lanjut atau tambahan skrining kanker usus besar . Skrining kanker usus menyelamatkan nyawa, polos dan sederhana.

hiperplastik

Kata "hiperplastik" mengacu pada aktivitas sel-sel penyusun polip. Sel-sel dalam jenis polip meningkat jumlahnya. Hiperplasia berarti peningkatan abnormal dalam jumlah sel-sel dalam jaringan, dengan pembesaran daerah.

Terlepas dari kenyataan bahwa sel-sel di polip hiperplastik tumbuh dan mereproduksi, ini dianggap berisiko rendah untuk berkembang menjadi kanker. Meski begitu, polip hiperplastik dikeluarkan selama skrining kanker usus besar ketika mereka ditemukan. Hal ini memungkinkan dokter untuk memeriksa polip secara menyeluruh dan pastikan tidak menunjukkan tanda-tanda kanker.

Vili atau Tubulovillous Adenoma

Sekitar 15 persen dari polip yang ditemukan dan dihapus dengan skrining kanker usus besar adalah adenoma vili atau tubulovillous. Polip ini lebih berbahaya karena mereka memiliki kemungkinan tertinggi berkembang menjadi kanker usus besar. Adenoma vili mungkin sessile, atau flat, membuat mereka lebih sulit untuk menghapus. Lebih kecil polip adenoma vili dapat dihapus selama kolonoskopi, sedangkan polip yang lebih besar dari jenis ini mungkin memerlukan operasi untuk penghapusan lengkap.

Jenis sel Dalam Polip Colon
Akhirnya, polip juga ditentukan oleh jenis sel yang ditemukan di dalamnya. Secara umum, sel di polip dianggap non-neoplastik atau neoplastik. polip non-neoplastik tidak mungkin berkembang menjadi kanker usus besar. Polip terdiri dari sel-sel neoplastik, seperti adenoma, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk berkembang menjadi kanker usus besar.

Untungnya, skrining kanker usus besar memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendeteksi dan menghapus polip terdiri dari kedua sel non-neoplastik dan neoplastik. Jika Anda mudah tersinggung tentang gagasan yang diskrining untuk kanker usus besar, mengambil beberapa saat untuk belajar bagaimana mempersiapkan untuk tes ini dan bagaimana untuk tidak takut kolonoskopi . 

Polip tidak hanya polip kolon tapi juga ada polip hidung. Lihat informasinya di OBAT POLIP HIDUNG TANPA OPERASI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Batu Empedu

Fungsi Gendang Telinga