Fungsi Gendang Telinga

Fungsi Gendang Telinga -  Telinga tengah adalah bagian telinga antara gendang telinga dan jendela oval. Telinga tengah mentransmisikan suara dari telinga luar ke telinga bagian dalam. Telinga tengah terdiri dari tiga tulang: palu (malleus), landasan (incus) dan sanggurdi (stapes), jendela oval, jendela bundar dan tabung Eustrachian. Cara Mengobati Gendang Telinga Pecah

Fungsi Gendang Telinga
Tulang telinga tengah

Gendang telinga sangat tipis, ukurannya kira-kira berdiameter 8-10 mm dan diregangkan dengan otot kecil. Tekanan dari gelombang suara membuat gendang telinga bergetar. 

Getaran ditransmisikan lebih jauh ke telinga melalui tiga tulang di telinga tengah: palu (malleus), anil (incus) dan sanggurdi (stapes). Ketiga tulang ini membentuk semacam jembatan, dan sanggurdi, yang merupakan tulang terakhir yang terdengar, terhubung ke jendela oval.

Jendela oval

Apa itu jendela oval? Jendela oval adalah selaput yang menutupi pintu masuk koklea di telinga bagian dalam. Ketika gendang telinga bergetar, gelombang suara bergerak melalui palu dan landasan ke sanggurdi dan kemudian menuju jendela oval.

Ketika gelombang suara ditransmisikan dari gendang telinga ke jendela oval, telinga tengah berfungsi sebagai transformator akustik yang memperkuat gelombang suara sebelum mereka beralih ke telinga bagian dalam. Tekanan gelombang suara pada jendela oval sekitar 20 kali lebih tinggi dari pada gendang telinga. 

Tekanan meningkat karena perbedaan ukuran antara permukaan gendang telinga yang relatif besar dan permukaan jendela oval yang lebih kecil. Prinsip yang sama berlaku bila seseorang memakai sepatu dengan langkah tumit stiletto yang tajam di kaki Anda: Permukaan kecil tumit menyebabkan lebih banyak rasa sakit daripada sepatu datar dengan permukaan yang lebih besar.

Jendela bundar

Jendela bulat di telinga tengah bergetar dalam fase berlawanan dengan getaran yang masuk ke telinga bagian dalam melalui jendela oval. Dengan melakukannya, memungkinkan cairan di koklea bergerak.

Tabung Eustachius

Apa itu tabung Eustachian? Tabung Eustachian juga ditemukan di telinga tengah, dan menghubungkan telinga dengan bagian paling belakang dari langit-langit mulut. Fungsi tabung Eustachian adalah untuk menyamakan tekanan udara di kedua sisi gendang telinga, memastikan tekanan tidak terbentuk di telinga. Tabung terbuka saat Anda menelan, sehingga menyamakan tekanan udara di dalam dan di luar telinga.

Dalam kebanyakan kasus, tekanan disamakan secara otomatis, namun jika ini tidak terjadi, dapat dilakukan dengan melakukan tindakan menelan energik. Tindakan menelan akan memaksa tabung yang menghubungkan langit-langit dengan telinga terbuka, sehingga menyamakan tekanan.

Tekanan di telinga dapat terjadi pada situasi dimana tekanan pada bagian dalam gendang telinga berbeda dengan yang ada di bagian luar gendang telinga. Jika tekanan tidak disamakan, tekanan akan terbentuk di gendang telinga, mencegahnya bergetar dengan benar. Getaran terbatas menghasilkan sedikit pengurangan kemampuan mendengar. Perbedaan tekanan yang besar akan menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan sedikit rasa sakit. Tekanan yang terpasang di telinga sering terjadi pada situasi dimana tekanan terus berubah, misalnya saat terbang atau mengemudi di daerah pegunungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Batu Empedu

jenis-jenis polip colon